Penyebab Pendaftaran Akun Google Adsense Ditolak

Penyebab Pendaftaran Akun Google Adsense Ditolak
Penyebab aplikasi Google Adsense di Reject - Google Adsense merupakan jaringan periklanan online berbasis Pay Per Click atau yang biasa dikenal dengan istilah PPC milik perusahaan raksasa IT, Google (Google Inc.) menggunakan jaringan advertising Google Adwords.

Jika Anda memiliki blog atau website, maka Google Adsense merupakan sebuah jaringan iklan online yang bisa mewujudkan harapan Anda untuk mendapatkan Dollar dari internet secara aman serta berkelanjutan dengan bergabung menjadi publisher jaringan pengiklan Adwords.

Untuk bisa menjadi bagian dari Adsense (penayang iklan), terlebih dahulu Anda harus mengajukan aplikasi. Anda harus memiliki akun Adsense sebelum Anda bisa memasang iklan Adsense di weblog Anda. Dalam hal ini, kendala yang sering dijumpai oleh sebagian blogger adalah sulitnya untuk bisa mendapatkan akun Adsense.

Apakah mendapatkan akun Adsense itu benar-benar sulit dan bagaimana caranya agar permohonan kita bisa di approve?

Kalau ada opini yang mengatakan daftar Adsense itu sulit”, statement tersebut bisa dibilang benar, dan juga bisa dikatakan salah. Tpi, menurut analisa saya pribadi, pendaftaran akun Adsense itu cukup mudah jika dilakukan dengan tata cara yang benar dan kita memiliki weblog yang memenuhi criteria.

Seperti apakah blog yang dianggap memenuhi criteria untuk bisa diterima Adsense? Apakah blog tersebut sudah harus berusia 3-4 tahun serta memiliki puluhan ribu trafik perharinya?

Jika Anda belum cukup lama mengenal Adsense, mungkin Anda sempat merasa kebingungan seperti apa sebenarnya criteria blog yang dianggap layak untuk menjadi publisher Adsense oleh Adsense team. Sebenarnya di laman web Adsense Support  sudah diberikan banyak penjelasan, hanya saja mungkin sebagian dari Anda kurang bisa mencernanya.

Agar pendaftaran Adsense Anda tidak lagi menuai kegagalan, berikut beberapa (poin terpenting) penyebab  pendaftaran akun Adsense ditolak.

Anda menggunakan blog atau website yang tidak original alias dipenuhi artikel hasil copy-paste. Jika Anda berharap aplikasi Anda akan di approve, maka Anda wajib menggunakan weblog yang bebas dari duplikasi konten.

Blog Anda melakukan pelanggaran Hak Cipta. Perlu diingat, bahwa pelanggaran Hak Cipta di internet tidak sebatas copy-paste tulisan saja. Pelanggaran Hak Cipta yang sering dilakukan oleh sebagian blogger dan disisi lain mereka tidak menyadarinya, diantaranya:

Menggunakan gambar secara ilegal (bukan hak miliknya tapi enggan mencantumkan credit bagi sang pemilik gambar).

Memuat link download  illegal yang mengarahkan pengunjung blog pada aktivitas pembajakan, seperti download mp3, video, software, dll

Blog yang didaftarkan memuat unsur dewasa, seperti gambar tidak senonoh, video begituan, dsb.

Minimnya artikel di blog. Sejauh ini belum ada patokan tetap berapa jumlah artikel yang harus dipersiapkan untuk bisa mendaftar Adsense, namun berdasarkan pengalaman saya sebaiknya Anda bermodalkan 40-50 artikel baru kemudian mencoba mendaftar.

Usia blog masih terlalu dini. Blog yang baru berusia 1-2 bulan cukup sulit untuk bisa diterima Adsense meskipun blog tersebut memiliki sejumlah kelebihan, misalkan trafiknya tinggi dan artikelnya juga sudah banyak. Daftarlah Adsense ketika usia blog Anda sudah diatas 6 (enam) bulan.

*) Indonesia memang bukan termasuk negara asal calon publisher yang diharuskan untuk memilik blog berusia minimal 6 (enam) bulan, tetapi pada sejumlah kasus yang saya jumpai potensi untuk mendapatkan akun Adsense cukup sulit jika blog yang Anda gunakan untuk mendaftar masih berusia dibawah 6 (enam) bulan.

Kondisi blog sedang dalam masalah. Ini termasuk salah satu penyebab pendafaran Anda ditolak oleh Adsense team. Blog bermasalah yang dimaksudkan disini adalah blog yang sedang menerima hukuman dari Google, seperti masuk Sandbox, Penalty, dsb.

Dengan sudah mengetahui penyebab pendaftaran Adsense Anda ditolak, diharapkan Anda lekas melakukan pembenahan agar pendaftaran berikutnya bisa di approve.

Jika dirincikan, memang ada banyak sekali persyaratan untuk bisa diterima Adsense, namun berdasarkan pencermatan saya apa yang saya jabarkan diatas merupakan poin terpenting “tiket untuk mendapatkan akun Adsense” yang harus Anda prioritaskan.

Seperti yang sering saya singgung pada sejumlah posting seputar Google Adsense, seperti ciri-ciri blog yang akan ditolak Adsense dan tips agar bisa diterima Adsense secara pasti, bahwasannya untuk bisa di approve Adsense itu tidak sulit, asalkan kita sudah memenuhi criteria sebagaimana yang ditentukan Google, dan poin terpentingnya adalah seperti yang saya urai diatas. 
Like / Bagikan :
Artikel terkait :